Senin, 20 Oktober 2008

Konservasi Energy

Kandungan Energy di negara kita Indonesia sungguh sangat melimpah ruah. Mulai dari atas bumi, aneka ragam sumber makanan berupa tanaman dan hewan tumbuh sangat subur, dari perut bumi bermacam ragam bahan tambang minyak. Sumberdaya air dan maritim tiada ternilai jumlahnya serta energi matahari yang setiap hari selalu hadir dengan setia.
Ketergantungan energi pada salah satu jenis sumber energi pada akhirnya akan mengakibatkan semakin tinggi tingkat persaingan untuk mendapatkan energi tersebut. Oleh karena itu sudah saatnya kita mulai menggunakan sumber-sumber energi alternatif sebagai pengganti. Salah satu contoh adalah energi listrik. Listrik kita masih disuplai oleh PLN dengan bahan bakar utamanya Minyak dan Batu Bara. Saat ini PLN kita mensupplai kebutuhan listrik kita muali kedododoran karena pertumbuhan permintaan tidak seimbangan dengan produksi listrik dari pembangkit yang ada. Sebagai gambaran Produksi Listrik PLN kita adalah sbb:

77% listrik PLN merupakan hasil produksi sendiri, 23% beli dan sewa kepada swasta. Jumlah inipun masih belum mencukupi menlayani kebutuhan masyarakat apalagi di Luar Jawa.

Tidak ada komentar: